Minggu, 09 Oktober 2011

MANUSIA DAN BUDAYA 6


BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA PENGANTAR

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia[1] dan bahasa persatuan bangsa Indonesia.[2] Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di Timor Leste, bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa kerja.
Meskipun dipahami dan dituturkan oleh lebih dari 90% warga Indonesia, Bahasa Indonesia bukanlah bahasa ibu bagi kebanyakan penuturnya. Sebagian besar warga Indonesia menggunakan salah satu dari 748 bahasa yang ada di Indonesia sebagai bahasa ibu.[6] Penutur Bahasa Indonesia kerap kali menggunakan versi sehari-hari (kolokial) dan/atau mencampuradukkan dengan dialek Melayu lainnya atau bahasa ibunya. Meskipun demikian, Bahasa Indonesia digunakan sangat luas di perguruan-perguruan, di media massa, sastra, perangkat lunak, surat-menyurat resmi, dan berbagai forum publik lainnya,[7] sehingga dapatlah dikatakan bahwa Bahasa Indonesia digunakan oleh semua warga Indonesia.
Jadi,bahasa Indonesia merupakan bahasa yang digunakan oleh penduduk yang menempati beberapada daerah yang menjadi kepulauan yang ada diIndonesia ini meskipun berbeda macam bahasa daerah yang digunakan oleh setiap suku seperti batak,jawa,manado dan lain-lain.Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar yang sangat penting dalam setiap berkomunikasi antara satu sama lain.
Akan tetapi,masih banyak orang Indonesia masih menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa yang lagi mengglobal dimasa sekarang ini sehingga bahasa Indonesia menjadi bahasa yang tidak lazim untuk digunakan dalam setiap berkomunikasi atau berbicara.Maka dari itu,bahasa Indonesia harus tetap dipertahankan oleh setiap warga Negara Indonesia demi mempertahankan keutuhan dalam berbangsa dan bernegara supaya tidak terjadi Negara yang mudah terpecah akibat dari bahasa yang telah digunakan dalam kehidupan sehari-hari menjadi bahasa yang tidak relevan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar